5 Permasalahan di Dunia Travel Agent Haji & Umroh Serta Cara Mengatasinya

Mungkin untuk sebagian orang yang tidak berkecimpung di dunia travel agent tidak mengerti apa saja permasalahan yang bisa dialami ketika mengelola bisnis ini. Apalagi jika mengelola travel haji dan umroh, banyak sekali permasalahan yang terjadi.

Meskipun terdapat banyak permasalahan dan rintangan, bukan berarti Anda tidak bisa mengelola bisnis travel agent haji dan umroh dengan baik. Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin terjadi, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja masalah tersebut. Sehingga Anda bisa lebih prepare jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya.

Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Mau tidak mau, Anda perlu beradaptasi mengenai kemajuan teknologi. Jadi untuk memajukan bisnis travel Anda, Anda perlu menguasai teknologi agar bisa mengelola bisnis ini dengan baik. Dengan begitu, berbagai permasalahan di dunia travel bisa diatasi dengan baik.

Berbagai permasalahan travel agent umroh dan haji, Sumber: bareksa.com
Berbagai permasalahan travel agent umroh dan haji, Sumber: bareksa.com

Permasalahan Travel Agent Haji dan Umroh

Berbagai permasalahan yang terjadi di dunia bisnis sulit sekali untuk dihindari. Oleh sebab itu, sebagai pelaku bisnis, Anda perlu mempersiapkan berbagai hal untuk meminimalisir masalah-masalah tersebut terjadi. Meskipun pada akhirnya Anda akan menjumpai permasalahan tersebut, namun paling tidak Anda sudah lebih siap.

Ketika Anda sudah siap, Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut beberapa permasalahan travel agent haji dan umroh yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai masalah tersebut, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hati sehingga bisa meminimalisir agar permasalahan tersebut tidak terjadi.

1. Oknum Travel

Permasalahan travel agent pertama yang perlu Anda waspadai adalah adanya oknum yang “nakal”. Oknum travel ini memanfaatkan kesempatan untuk melakukan berbagai penipuan pada para jamaah. Salah satu hal yang membuat oknum tersebut berani melakukan penggelapan karena tidak adanya transparansi data dan pembayaran kepada para jamaah haji maupun umroh.

Hal yang dilakukan oleh oknum tersebut tentu saja sangat merugikan perusahaan. Anda yang membesarkan bisnis travel agent dengan susah payah, akan hancur karena kelakuan beberapa oknum karyawan. Sebelum kejadian seperti yang telah terjadi di beberapa kasus travel umroh, Anda perlu mencegahnya.

Sebisa mungkin selalu cek semua hal yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Baik itu yang ada di pusat maupun yang ada di cabang. Dengan begitu, Anda bisa menghindari kejahatan para oknum karyawan yang tidak bertanggung jawab tersebut.

2. Penundaan Keberangkatan

Penundaan keberangkatan merupakan permasalahan selanjutnya yang bisa terjadi pada bisnis travel agent umroh dan haji. Bahkan ada kalanya penundaan keberangkatan ini tidak memiliki ujung yang pasti. Kita ambil contoh saat pandemi covid 19 sedang merebak. Hampir semua negara menutup akses perjalannya, baik itu keluar ataupun kedatangan.

Begitu pula mengenai haji maupun umroh. Pada saat itu, pihak Arab Saudi menutup sementara akses untuk para jamaah yang ingin umroh maupun haji. Penutupan tersebut juga tidak terikat dengan waktu. Ketika sudah dinyatakan sedikit kondusif, pihak Arab Saudi membuka kembali aksesnya. Namun dengan berbagai persyaratan yang telah berlaku.

Dari sisi bisnis, tentu saja hal tersebut memiliki dampak yang luar biasa. Apalagi bagi para jamaah yang sudah melakukan pembayaran lunas. Pihak travel agent harus memberikan opsi terbaik untuk para jamaahnya. Baik itu mengembalikan uang yang sudah dilunasi ataupun meminta para jamaah untuk tetap bersabar hingga waktu keberangkatan tiba.

3. Kenaikan Biaya yang Tidak Tersampaikan

Faktor permasalahan selanjutnya yang sering dihadapi oleh travel agent haji dan umroh adalah kenaikan biaya yang tidak tersampaikan ke para jamaah. Bisa jadi jamaah melihat iklan dengan biaya nominal tertentu, kemudian datang ke kantor namun biayanya sudah berbeda.

Perbedaan biaya tersebut sering kali membuat para jamaah kecewa. Jadi perlu dilakukan update setiap kali ada kenaikan mengenai biaya tersebut agar para jamaah tidak kecewa. Ketika para jamaah kecewa, nantinya bisnis Anda pun ikut terdampak. Hal ini dikarenakan bisnis Anda tidak profesional karena memiliki perbedaan harga dari yang diiklankan dengan aslinya.

Sulitnya mengelola SDM travel dengan baik, Sumber: travelmarketreport.com
Sulitnya mengelola SDM travel dengan baik, Sumber: travelmarketreport.com

4. Sulit Mengelola SDM Travel

Banyak sekali permasalahan bisnis yang berasal dari internal. Kesulitan mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan salah satunya. Jadi tidak heran jika ada oknum travel “nakal” yang menggelapkan dana jamaah seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Hal inilah yang membuat para karyawan bisa dengan mudah melakukan penyelewengan.

Karena ada kesulitan saat mengelola bisnis khususnya SDM, maka Anda perlu melakukan beberapa perubahan. Misalnya saja mulai menggunakan transformasi digital, yang mana penyajian data sangat transparan dan bisa mengurangi penyalahgunaan dana jamaah. Jadi Anda bisa mengontrol langsung melalui online tanpa harus bolak-balik ke kantor pusat dan cabang.

5. Jamaah Sulit Mendapatkan Informasi

Permasalahan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kenyamanan para jamaah. Ada beberapa jamaah yang kesulitan mendapatkan informasi dari travel agent mengenai umroh maupun haji. Karena tidak memungkinkan menghubungi setiap jamaah, akan lebih baik Anda menggunakan aplikasi untuk mengatasinya.

Dengan adanya aplikasi tersebut, para jamaah akan dimudahkan mendapatkan informasi dengan cepat dan akurat. Tanpa harus menelpon ataupun datang langsung ke kantor. Pihak Anda pun tidak perlu repot-repot menghubungi jamaah satu per satu untuk menyampaikan informasi terbaru.

Cara Mengatasi Permasalahan Travel Agent Umroh dan Haji

Berbagai permasalahan di atas sebagian besarnya diakibatkan karena tidak terkelolanya manajemen dengan baik. Bagi pengusaha tersebut seharusnya mempersiapkan berbagai system manajemen travel umroh dan haji untuk menghindari berbagai masalah yang terjadi.

Salah satu hal yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan manajemen tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi umroh digital dari MuslimPergi. Dengan penggunaan aplikasi ini, Anda bisa mengontrol hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda. Mulai dari para jamaah hingga karyawan atau SDM yang Anda miliki.

Aplikasi untuk mengelola bisnis travel umroh dan haji, Sumber: muslimpergi.com
Aplikasi untuk mengelola bisnis travel umroh dan haji, Sumber: muslimpergi.com

Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh oknum dari karyawan Anda sendiri. Semua pengelolaan keuangan dan lain sebagainya dapat dikontrol melalui aplikasi dari MuslimPergi tersebut.

Jadi sudah saatnya Anda mengganti sistem manajemen travel umroh dan haji Anda lebih baik. Segera hubungi Muslim Pergi dan konsultasikan mengenai layanan yang Anda butuhkan. Kami siap membantu untuk mengatasi berbagai permasalahan travel agent umroh dan haji yang Anda miliki dengan aplikasi modern.

Aplikasi travel umroh dan sistem managemen untuk agen travel memudahkan pengelolaan bisnis travel umroh Anda!